"Membuat terang sesuatu, yang ditempat lain dibiarkan gelap gulita"

Hasil Evaluasi Pelayanan Publik PTSP KLHK

Pada bulan November 2019, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia menyampaikan hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2019 kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui surat Nomor B/738/PP.02/2019 tanggal 18 November 2019. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai lokus penilaian, telah dievaluasi berdasarkan implementasi aspek pelayanan publik sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Aspek pelayanan tersebut diantaranya adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik (SIPP), konsultasi & pengaduan, dan Inovasi.

Hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik PTSP KLHK tahun 2019 terhadap implementasi aspek pelayanan publik sebesar 3,37 atau masuk kategori B- (baik dengan catatan). Adapun rekomendasi perbaikan hasil evaluasi tersebut adalah sebagai berikut:

ASPEK REKOMENDASI
A. Kebijakan Pelayanan

1. Standar pelayanan dan maklumat pelayanan disarankan untuk dibuat dan ditetapkan dengan mengacu kepada PermenPANRB No. 15 Tahun 2014 dengan melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait. Selain itu, Standar Pelayanan yang telah ditetapkan disarankan untuk dipublikasikan melalui ruang layanan dan media online;

2. Pelaksanaan SKM disarankan mengacu pada PermenpanRB Nomor 14 Tahun 2017 dengan dilengkapi tindak lanjut yang dilakukan. Termasuk perlu adanya analisa pelaporan serta saran dan tindak lanjut.

B. Profesionalisme SDM

1. Aturan mengenai kode etik yang diterapkan di PTSP disarankan memuat klausal hak dan kewajiban pelaksana layanan, larangan KKN, larangan diskriminasi, sanksi, dan penghargaan;

2. Pengaturan waktu istirahat disarankan untuk diatur secara bergiliran agar tidak memberhentikan layanan;

3. Pegawai yang berprestasi disarankan agar dapat diberikan penghargaan secara rutin (misal employee of the month).

C. Sarana Prasarana

1. Sarana prasarana perlu untuk dilengkapi dengan ruang bermain anak dan sarana penunjang disabilitas (kursi roda, loket khusus, toilet);

2. Ruang laktasi disarankan untuk dilengkapi dengan hand sanitizer;

3. Ruang konsultasi disarankan untuk dilengkapi dengan dengan petunjuk ruangan;

4. Ruang tunggu disarankan untuk dibuat nyaman dengan dilengkapi air minum, permen, charger box, dan bahan bacaan.

D. SIPP

1. Sistem informasi non elektronik dapat disebar luaskan melalui ruang publik seperti pameran atau even khusus KLHK;

2. Publikasi dalam ruangan berupa banner dapat dialihfungsikan pada monitor informasi yang telah dimiliki

E. Konsultasi dan Pengaduan Dokumentasi konsultasi dan pengaduan disarankan untuk dipublikasikan melalui media online (website) contohnya berupa FAQ
F. Inovasi Inovasi yang telah ada saat ini disarankan untuk dilakukan pengukuran kebermanfaatannya kepada masyarakat dan dilakukan evaluasi untuk pengembangan selanjutnya untuk diikutsertakan kembali dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).

 

E-Database Izin Pengelolaan Limbah B3

Dalam rangka meningkatkan kemudahan akses informasi publik di Bidang Lingkungan Hidup, Direktorat Verifikasi Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3 telah membuat sistem e-Database Izin Pengelolaan Limbah B3 untuk Kegiatan Pengumpulan, Pemanfaatan, dan Pengolahan Limbah B3 periode Tahun 2017-2019. Adapun database dimaksud dapat diakses melalui tautan di bawah ini:

1. Sebaran Wilayah Pengumpulan Limbah B3 Tahun 2017

2. Sebaran Wilayah Pemanfaatan Limbah B3 Tahun 2017

 

Daftar Lembaga Penyedia Jasa Lingkungan Yang Telah Teregistrasi Kompetensi

Penyedia Jasa Penyusunan Dokumen AMDAL (Konsultan AMDAL)

No.

Nama Konsultan

Nomor registrasi dan masa berlaku registrasi

Tenaga tetap yang bersertifikat kompetensi

Alamat

1.

PT. Survindo Link

Penangung jawab:
Yunofrizal

0001/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

8 Maret 2016 s.d 7 Maret 2019

 

1. Yunofrizal (KTPA)
2. Jarulis (KTPA)
3. Budi Harlianto (ATPA)

Jl. WR. Supratman No. 47 Rt. 16 Pematang Gubernur Kelurahan Bentiring, Kota Bengkulu

Telp. (0736) 731005; 0811734681
Fax. (0736) 731005
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

2.

PT. Widya Cipta Buana

Penanggung jawab:
Suheri

0002/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

8 Maret 2016 s.d 7 Maret 2019

1. Iwan Setiawan (KTPA)
2. Aziz Rahman (KTPA)
3. Bambang Kusharyadi (ATPA)
4. Arie Fitria Indrayana (ATPA)
5. Dadan Ramdan (ATPA)

 

Jl. Komp. Perkantoran Metro, Jl. Venus Barat Kav. 15 Kel. Sekejati, Kec. Margacinta, Bandung, Jawa Barat

Telp. (022) 7568445, 7509159
Fax. (022) 7509172
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.

PT. Adi Banuwa

Penanggung jawab:
Yuliana Andriani (081331020095)

0003/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

2 Juni 2016 s.d 1 Juni 2019

1. Dwi Prapti Sri MG (KTPA)
2. Yuliana Andriani (KTPA)
3. Kurnia Fitri (ATPA)

 

Ruko Panji Makmur Blok C – 11 Jl. Raya Panjang Jiwo, Surabaya

Telp. (031) 8412536/8412543
Fax. (031) 8412517
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.    Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

4.

PT. Mitra Adi Pranata

Penanggung jawab:
Imron R

0004/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

8 Maret 2016 s.d 07 Maret 2019

1. Poerna Sri Oetari (KTPA)
2. Ika Bagus Priyambada (KTPA)
3. Indah Noor Alita (ATPA)
4. Dani Arief (ATPA)

Taman Puri IIA-1/19, Kel. Padangsari, Kec. Banyumanik, Semarang 50267

Telp. (024) 7466064
Fax. (024) 7477490
HP: 085736268777
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

5.

PT. Kreasi Prima Consultant

Penanggung jawab:
Bambang Hartono

0005/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

3 Mei 2016 s.d 2 Mei 2019

1. Ahmad Juaeni (KTPA)
2. Wisoko Yehezkiel (KTPA)
3. Diding Achirudin (ATPA)
4. Himawan Afandi (ATPA)

Sarua Makmur Blok VI No. 1,Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten

Telp. (021) 74633986
Fax. (021) 7417768
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

6.

PT. EOS Consultants

Penanggung jawab:
Nuni A. Heranita

0006/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

3 Mei 2016 s.d  2 Mei 2019

1. Sirajuddin Kamal (KTPA)
2. A. Mukhlisin Rony, Msi (KTPA)
3. Muhammad Syahrir (ATPA)
5. Agus BOP (ATPA)
6. Nanik Irawati ATPA)

Jl. Heulang 7, Tanah Sareal, Kota Bogor

Telp. (0251) 8334253/ 8341625
Fax. (0251) 8341125
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya., Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

7.

PT. Dianzani Utama Konsultan

Penanggung jawab:
Purworukminto

0007/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

4 Agust 2016 s.d 3 Agust 2019

 

1. Andang Aji Prabowo (KTPA)
2. Yuli Hastuti (KTPA)
3. Agus Subiyakto, MT (KTPA)

 

Jl. Fatmawati No. 39, Kel. Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Telp.(021) 7256285
Fax. (021) 7256285
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

8.

PT. Indoconsult Cipta Prestatama

Penanggung jawab:
Asti Septiningtyas

0009/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

8 Maret 2016 s.d 7 Maret 2019

1. Muhammad Faisal (KTPA)
2. Surjono H. Sutjahjo (KTPA)
3. Muhammad Ihsan (KTPA)
4. Sony Kusharsono KTPA)

 

Jl. Cempaka Blok E No.14, Komplek laladon Permai, Kel. Lalado, Kec. Ciomas, Kota Bogor 16610

Telp/Fax. (0251) 8639332
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

9.

PT. Inoa  Konsultindo

Penanggung jawab:
Poediono

0010/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

5 Sept 2016 s.d 4 Sept 2019

1. Emboyo Retno (KTPA)
2. Dhanang Joko Setiyanto (KTPA)
3. Feny Puspita Sari (ATPA)

Ruko Golden Road Blok C 26 No. 93, Jl. Pahlawan Seribu, BSD City – Tangerang 15322

Telp. (021) 5382104
Fax. (021) 53152274
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

10.

PT. Manajemen Akhlak Lingkungan Sriwijaya

Penanggung jawab:
A. Alfariezka Fasya

0011/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK

23 Okt 2017 s.d 22 OKt 2020

1. Bakri (KTPA)
2. Agus Hermawan (KTPA)
3. Syarifudin (KTPA)
4. Didi Tahyudin (ATPA)
5. Lulu Yuningsih (ATPA)

Jl. Sultan Mansyur No. 315, RT. 4/RW. 2 Bukit Lama, Ilir Barat I, Palembang 30139

Telp./Fax. (0711) 442560, 08127816557
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


Daftar Penyedia Jasa Penyusunan Dokumen AMDAL selengkapnya dapat diunduh DISNI...