INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)
PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP)
KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN RI
TAHUN 2017
NILAI IKM |
Nama Layanan: Perizinan Bidang Lingkungan Hidup |
71.49 |
JUMLAH : 818 Orang Periode Survei = 1 November – 18 Desember 2017 |
Kualitas pelayanan publik dinilai berdasarkan survey yang dilakukan terhadap pelanggan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penilaian Kualitas pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan populasi yang didefinisikan sebagai seluruh pelanggan (PTSP) yang mengajukan layanan perizinan dan non perizinan. Pada periode diberlakukannya sistem online sampai dengan tahun 2017, jumlah populasi adalah 3037 pelanggan. Berdasarkan populasi tersebut, peneliti mengambil sampel dengan metode random sampling. Jumlah sampel yang diambil berjumlah 818 sampel. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random sampling, yaitu pemilihan yang dilakukan secara acak.
Penilaian kualitas pelayanan publik menggunakan skala Linkert, yaitu berdasarkan bobot penilaian 1 – 4 untuk kategori penilaian tidak baik sampai dengan sangat baik. Begitu juga pada hasil kuesioner yang dihitung dari jumlah keseluruhan bobot yang dibagi dengan bobot paling tinggi, ditentukan berdasarkan interval dari 25.00-43.75 dikategorikan tidak baik, dan 81.26-100.0 dikategorikan sangat baik terhadap pelayanan yang diberikan selama tahun 2017. Tingkat kepuasan masyarakat yang dijaring oleh PTSP KLHK melalui kuesioner dapat digambarkan dalam Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atas setiap jenis layanan, sebagai berikut :
Tabel 1. Nilai Persepsi, Interval IKM, Interval Konversi IKM, Mutu Pelayanan, dan Kinerja Unit Pelayanan.
No. |
Nilai Persepsi |
Nilai Interval IKM |
Nilai Interval Konversi IKM |
Mutu Pelayanan |
Kinerja Unit Pelayanan |
1 |
1 |
1.00-1.75 |
25.00-43.75 |
D |
Tidak Baik |
2 |
2 |
1.76-2.50 |
43.76-62.50 |
C |
Kurang Baik |
3 |
3 |
2.51-3.25 |
62.51-81.25 |
B |
Baik |
4 |
4 |
3.26-4.00 |
81.26-100.0 |
A |
Sangat Baik |
Sumber:KepMenpan No25 Tahun 2004
Hasil survey dilakukan oleh PTSP KLHK selama tahun 2017 melalui sistem kuisioner elektronik adalah sebagai berikut:
Tabel 2. Hasil survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik KLHK tahun 2017.
No. |
Unsur Penilaian |
Nilai |
Kategori |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
74.14 |
B |
2 |
Prosedur Pelayanan |
67.27 |
B |
3 |
Kewajaran Biaya Pelayanan |
75.31 |
B |
4 |
Kesesuaian Hasil Pelayanan |
73.11 |
B |
5 |
Jaminan ketepatan waktu pelayanan |
64.61 |
B |
6 |
Kejelasan Petugas Pelayanan |
74.42 |
B |
7 |
Kesopanan dan Keramahan Petugas |
76.62 |
B |
8 |
Pemenuhan Maklumat Pelayanan |
71.12 |
B |
9 |
Tindak Lanjut Hasil Pengaduan |
69.74 |
B |
10 |
Kemudahan Penggunaan Sistem Layanan Online |
69.83 |
B |
11 |
Kemudahan Akses Sistem Layanan Online |
68.92 |
B |
12 |
Pengaruh sistem layanan online terhadap efisiensi waktu, tenaga, dan biaya |
71.45 |
B |
13 |
Kepastian diterimanya permohonan melalui sistem layanan online |
70.08 |
B |
14 |
Transparansi Permohonan melalui sistem layanan online |
73.59 |
B |
15 |
Keamanan dan Kenyamanan Fasilitas Pelayanan |
72.13 |
B |
Berdasarkan tabel 2., hasil yang dapat dirangkum adalah sebagai berikut:
A. Seluruh unsur pelayanan berada di kategori B dengan jangkauan nilai IKM yaitu 62.51-81.25.
B. Nilai IKM yang terendah 64.61 berada di kategori B dengan unsur pelayanan jaminan ketepatan waktu pelayanan agar menjadi bahan evaluasi untuk pemenuhan sasaran mutu layanan.
C. Nilai IKM yang tertinggi adalah 76.62 berada di kategori B dengan unsur pelayanan Kesopanan dan Keramahan Petugas agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi.